Menikmati

Udah hampir tahun ketiga rasanya saya tinggal di ranah minang. Semenjak menikah dan menetap karena tugas negara si Mas, dan takdirlah juga ternyata yang mengharuskan untuk ikutan mengabdi di salah satu sekolah di sini.

Bahasa yang dulunya selalu roaming sekarang mulai “mangarati saketek-saketek”, walaupun tidak sepenuhnya bisa terucapkan -untuk hal bahasa rasanya susah mengubah dialek medan menjadi padang, jadi biarlah, sukak awak aja ngomongnya-.

Yah, mau gak mau akhirnya saya paham apa yang mereka ucapkan. Masyarakat padang orang yang kurang nasionalis, walaupun sudah kota besar tapi mereka masih suka menggunakan bahasa daerah. Baik di sekolah, kantor, jalan, apalagi di warung. Bahasa pengantar untuk mengajar pun bahasa minang.

Begitu pun masih juga lidah ini selalu kelu untuk mengucapkan sesuatu dalam bahasa minang. Hidup medan! Halah..

Katanya, keinginan adalah doa, suatu saat akan terkabul. Sepertinya memang begitu. Cukup lama, semenjak tamat sekolah, saya menginginkan untuk kuliah di Padang. Apalah daya otak pas-pasan, belum rezeki, saya dengan ikhlas kuliah di medan. Alhamdulillah lulus tepat waktu dan langsung mengajar. Jalan inilah yang mengantarkan saya ke Padang, lewat kuliah magister akhirnya saya dapat menginjakkan kaki di tanah minang.

Takdir itulah yang mempertemukan saya dengan suami dan menetap di Padang.

Rasa, bau dan kebiasaan masyarakat mulai kunikmati, dan anehnya mulai kurindukan. Ah, mungkin rasa diterima sebagai keluarga dilingkungan inilah yang membuatku nyaman. Betah untuk tinggal lebih lama. Dan suatu saat saya pasti merindukan hal ini.

#ada backsound lagu minang

One thought on “Menikmati

Leave a Reply

