BULASAT

hmm…. sudah lama si bandel nyuruh aq nulis d blog ini.. ini blog namanya bocahbandel tapi kok semuanya tulisan si bandel, “mana tulisan si bocah” protesnya… aq memang jarang menulis. blogku yang lama saja gak kerawat sampai akhirnya mati krn domain dan hostingnya gak perpanjang..

dalam tulisan pertamaku ini, aq akan sedikit bercerita tentang Bulasat.. alasanku menulis tentang bulasat adalah karena peristiwa gempa dan tsunami yang menerjang mentawai beberapa hari lalu.. pada saat gempa terjadi, aq dan beberapa teman kantor sedang di atas kapal dalam perjalana menuju padang..

Bulasat merupakan desa yang berada di pantai barat paling ujung pulau Pagai Selatan. jika kita lihat di peta maka Bulasat merupakan desa yang paling dekat dengan pusat gempa pada tgl 25 Oktober lalu. sudah beberapa kali aq mengujungi bulasat yakni saat mendata SUSENAS&SAKERNAS 2008 serta SUSENAS&SAKERNAS 2009. Pertama kali ke Bulasat pada bulan Juli 2008, saat itu kami mengunjungi dusun Bulasat dan Dusun Mauro..

Peta desa-desa yang terkena dampak tsunami..

PERJALANAN KE BULASAT

Untuk bisa ke Bulasat tidaklah mudah, medan yang ditempuh cukup berat karena ombak yang besar terutama jika musim badai. jalan ke bulasat bisa ditempuh melalui Sikakap, salah satu pusat kecamatan di Kabupaten Kepulauan Mentawai. untuk mencapai Sikakap perlu waktu 13 jam perjalanan laut dari Padang dengan KMP Ambu-ambu yang jadwalnya seminggu sekali, sedangkan dari Ibukota Kabupaten Kepulauan Mentawai, Tapejat memakan waktu 10 jam dengan kapal antar pulau..

KMP Ambu-Ambu

KMP Ambu-Ambu

Foto Sikakap diambil dari atas KMP Ambu-Ambu

KMP Nade.. Kapal Antar Pulau yang menjadi tulang puunggung Transportasi Antar Pulau di Kab. Kep. Mentawai

Setelah perjalanan panjang melelahkan ke Sikakap,Β  Bulasat belum tentu bisa langsung kita tuju tergantung kondisi cuaca. jika cuaca bagus kita bisa melanjutkan perjalanan ke Bulasat dengan menggunakan Boat atau juga lewat jalur darat dengan sepeda motor melalui hutan dan jalan yang kondisinya sangat perah.. perjalanan ke Bulasat memakan waktu sekitar 3 jam dari Sikakap. lama perjalanan tergantung cuaca dan daya dari mesin boat yang digunakan. tidak ada angkutan reguler dari Sikakap ke Bulasat, jd harus sewa boat dengan tarif sekitar 1,5 juta…

sambung ntar lah ceritanya… πŸ˜€

Advertisements

4 thoughts on “BULASAT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s