Save, Spent, Share

Menjelang tidur, tiba tiba si Abang bertanya, "Bunda, duit Abang yang satu juta bunda simpan itu kok gak keliatan sih, Bun?" "'Kan bunda simpan di bank, bang!" Merasa heran, "Kok di bank? Nanti kalau Abang udah punya KTP boleh Abang ambil uangnya?" Bunda berfikir sejenak, "Begini bang, uang itu fungsinya buat disimpan, buat dihabiskan dan [...]

Advertisements

Jajan vs Infak

"Bunda, beli jajan lah satu aja!" Aksa merengek sewaktu ceramah terawih berlangsung. "Ini perut gendutnya isi apa?" "Hehe.. gak tau." "Tadi udah di isi nasi, coklat, brownis, teh manis dingin dua gelas. Emang masih muat?" Bunda berbisik sambil mentowel-towel perut buncitnya si Aksa. Si ibuk yang terawih di sebelah bunda tertawa melihat Aksa yang mulai [...]

Jangan di terima!

"Bunda, adek ada uang!" Katanya sepulang dari TK. "Loh kok bisa? Kan bunda gada kasih adek uang.." "Fatimah kasih adek.. buat adek jajan!" Subhanallah. Ini efek Anak bunda gak pernah di kasih uang, begitu dapat uang girang benar. "Dek, besok uangnya di kembalikan yah." "Kenapa? Fatimah kasih adek, katanya gak apa-apa kok." "Iyaa, tapi itu [...]

Bayar Jasa

Suatu sore sepulang sekolah, "Abang di kasih duit Bun, sama Syifa.." "Kenapa gitu bang?" "Iya, tadi Syifa suruh suruh Abang carikan kursi, terus geserin buat Syifa pas di kantin. Jadi Syifa bayar sama Abang, lah!" Katanya bangga. Subhanallah. Bunda kaget. "Besok uangnya Abang balikin yah," bunda bilang dengan gigi rapat dan intonasi yang sangat jelas. [...]

Bayar Puasa

Aksa (5,11)th belajar puasa tahun ini. "Kalau adek puasa satu hari nanti bunda kasih uang 5000 sehari, nanti kalau penuh puasanya adek bisa dapat uang banyak loh. Segini.." bunda membuat takaran dengan dua tangan setebal apa uangnya nanti. "Nanti adek jadi orang kaya, dong! Hahaha.." lanjut bunda. Mendengar kata kaya, ia langsung melonjak. "Kaya Bun? [...]